Cara Cepat Mempelajari Lagu-Lagu Qiro’ah

Ada beberapa cara yang dianggap lebih cepat berhasil untuk menguasai dan memahami lagu-lagu qiro’ah, sehingga para qori / qori’ah pemula dapat menyusun sendiri komposisi lagu yang cukup memenuhi syarat, yaitu :

Melalui Tape Recorder

Sebenarnya alat ini bisa dikatakan sudah ketinggalan jaman karena pada jaman sekarang sudah ada alat yang lebih canggih seperti ponsel dan komputer. Namun, tidak dapat kita pungkiri bahwa masih banyak rekaman-rekaman qori / qori’ah ternama terdahulu yang masih dalam bentuk kaset yang belum didigitalisasi. Alat ini banyak sekali hasil dan manfaatnya dalam mempercepat menguasai lagu-lagu qiro’ah, karena dengan seringnya mendengarkan, kemudian mencobanya berulang-ulang maka lama kelamaan akan melekatlah lagu-lagu tersebut ke dalam ingatan kita.

Menghafal Tausyih

Di dalam bait-bait syair tausyih terdapat cabang-cabang maupun fariasi yang cukup lengkap yang bisa dijadikan standar / patokan untuk lagu-lagu qiro’ah, sehingga dengan menghafal dan mengingatnya akan lebih mudah bagi kita untuk menerapkannya ke dalam ayat-ayat Al Qur’an.

Menghafal Lagu Basmalah

Maksud dari menghafal lagu basmalah di sini adalah dengan menghafal cara melantunkan bacaan basmalah pada tiap-tiap lagu awalnya, seperti lantunan basmalah pada lagu bayati, nahawand, dan lainnya. Jika sudah hafal dengan lagu basmalahnya, maka akan lebih mudah bagi kita untuk melanjutkan ke nada berikutnya. Jadi kuncinya adalah terletak pada lagu basmalahnya.

Tinggalkan komentar